Tips Cara Merawat Timing Belt

Toyota Semarang - Timing belt merupakan bagian penting dalam sistem pembakaran sebuah mobil. Jika sampai mengalami kerusakan, maka saat itu juga mesin akan mati total dan biaya reparasinya sangatlah besar. Inilah tips cara merawat timing belt.

Meski bentuknya sederhana, namun timing belt memiliki peran yang sangat vital bagi mesin. Peranti ini berfungsi menghubungkan antara kruk as (crankshaft) dan noken as (camshaft).

"Sebab, asupan bahan bakar dan udara yang didorong oleh piston juga berhenti, karena setang piston tak berfungsi," ujar Supriyadi, pemilik bengkel Purnama Motor, di Tangerang.

Seperti halnya komponen pada mobil lainnya yang memiliki batas usia dan pemakaian, timing belt pun juga demikian.  Sebaiknya timing belt diganti secara berkala sesuai dengan standar dan pedoman pabrik, yakni setiap pemakaian 40.000-60.000 km untuk timing belt mesin bensin dan 100.000 km untuk mobil bermesin diesel.

Lantas apa efek bila timing belt tidak diganti secara berkala? Pertanyaan ini bisa terjawab saat Anda membaca Majalah Auto Bild edisi 358 yang bisa didapatkan di toko buku dan agen majalah terdekat. Anda juga bisa membaca versi e-Magazine yang bisa dibeli di gerai digital seperti Scoop.

Harga Cash / Kredit Toyota Calya, Agya, Avanza, Rush, Fortuner, Innova, Sienta, Yaris di Semarang Demak Purwodadi Kendal Ungaran, silakan hubungi mas DONNY :
Respon Cepat Telp/WA : 0812-2706-9186